4 Kunci Sukses Usaha Ayam Petelur dan Pedaging



Usaha Ayam petelur dan ayam pedaging membutuhkan banyak keterampilan dan ketelatenan. Namun cara beternak ayam petelur dan broiler sangat menguntungkan. Cara merawat ayam petelur tidak membutuhkan keribetan seperti cara beternak ayam bangkok, namun beternak ayam petelur biasanya berskala besar.






Baca juga: Cara Beternak Puyuh Bertelur Setiap Empat Puluh Hari
Berikut ini empat kunci sukses usaha ayam petelur dan pedaging.

Ransum dan Kebutuhan Nutrien Ayam Petelur  dan Pedaging

Ransum adalah bahan ransum ternak yang telah diramu dan biasanya tersusun ari berbagai jenis bahan pakan dengan komposisi tertentu. Pemberian ransum bertujuan untuk menjamin pertumbuhan berat badan dan menjamin produksi daging agar menguntungkan. Konsumsi ransum ayam pedaging tergantung pada strain, umur, aktivitas serta temperatur lingkungan(Santoso, 2008).

Ransum merupakan kumpulan bahan makanan yang layak dimakan oleh ayam dan telah disusun mengikuti aturan tertentu. Aturan itu meliputi nilai kebutuhan gizi bagi ayam dan nilai kandungan gizi dari bahan makanan yang digunakan. Penyamaan nilai gizi yang ada di dalam bahan makanan yang digunakan dengan nilai gizi yang dibutuhkan ayam dinamakan teknik penyusunan ransum (Soeharsono, 2004). 



Berapa persentase bahan dapat dimasukkan ke dalam ransum ditentukan oleh kandungan zat makanan dan zat antinutriennya. Sumber energi yang kaya dengan pati dan energi metabolismenya tinggi serta kandungan proteinnya mendekati 10% dapat dipakai dalam jumlah lebih banyak. 

Bahan lain setelah zat anti nutriennya dihilangkan, pemakaiannya dapat ditingkatkan. Bahan ransum sumber energi umumnya dapat digunakan lebih dari 10 hingga 70%. Bahan sumber protein pemakaiannya dalam ransum tentu lebih rendah jika kebutuhan protein kurang dari 20%   (Amrullah, 2007). 

Konsumsi ransum dipengaruhi kecepatan pertumbuhan, imbangan nutrien, strain, kesehatan, bentuk ransum dan umur (Wahju, 1985) dan temperatur lingkungan (Soeharsono, 1977).

Konsumsi ransum setiap minggu bertambah sesuai dengan pertambahan bobot badan. Setiap minggunya ayam mengkonsumsi ransum lebih banyak dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Konsumsi ransum merupakan cermin dari masuknya sejumlah unsur nutrien kedalam tubuh ayam. Jumlah yang masuk harus sesuai dengan yang dibutuhkan  untuk produksi dan untuk hidup pokoknya.

Pertumbuhan ayam broiler dimulai perlahan-lahan kemudian berlangsung cepat sampai dicapai pertumbuhan maksimum setelah itu menurun kembali hingga akhirnya berhenti. Pertumbuhan yang paling cepat terjadi sejak menetas sampai 4-6 minggu, kemudian mengalami penurunan (Kartsudjana dan Suprijatna, 2006).

Kandungan protein dalam ransum ternak untuk ayam broiler umur 1-14 hari adalah 21-24% dan untuk umur 14-39 hari adalah 19-21%. Kebutuhan protein untuk ayam yang sedang dalam masa pertumbuhan relatif lebih tinggi karena untuk memenuhi tiga macam kebutuhan yaitu untuk pertumbuhan jaringan, hidup pokok dan pertumbuhan bulu. 

Kebutuhan anak ayam (starter) akan kalsium (Ca) maksimum 1%, ayam sedang tumbuh dan finisher adalah 0,6%, sedangkan kebutuhan ayam akan fosfor (P) bervariasi dari 0,2-0,45% dalam ransum (Fadilah, 2004).

Ransum merupakan pakan jadi yang siap diberikan pada ternak yang disusun dari berbagai jenis bahan pakan yang sudah dihitung (dikalkulasi) sebelumnya berdasarkan kebutuhan nutrien dan energi yang diperlukan. Berdasarkan bentuknya, ransum dibagi menjadi tiga jenis yaitu mash, pellet, dan crumble.

1. Ransum bentuk mash
adalah bentuk ransum paling sederhana yang merupakan campuran serbuk (tepung) dan gramanula berbagai jenis bahan baku pakan.
2. Ransum bentuk pellet, 
adalah bentuk ransum yang berasal dari berbagai bahan pakan dengan perbandingan komposisi yang diolah dengan menggunakan mesin pellet (pelletizer) dengan tujuan mengurangi loss nutrien dan dalam bentuk utuh.
3. Ransum bentuk crumble, 
adalah ransum bentuk pellet yang pecah menjadi 2 atau 3 bagian dengan tujuan agar bisa dimakan oleh ternak.(Alamsyah, 2005).

Ayam dan jenis unggas lainnya membutuhkan sejumlah nutrien yang lengkap untuk menunjang hidupnya, untuk pertumbuhan dan untuk berproduksi. Unggas membutuhkan lebih dari 40 material kimiawi yang diklasifikasikan ke dalam enam kelas yakni karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. 

Semuanya harus ada dalam ransum yang dimakan kemudian dinyatakan bahwa kandungan nutrien pada fase starter mengandung protein 19,5–21,2%, mengandung energi metabolisme 2851–3180 kkal/kg ransum sedangkan finisher protein 22,0–22,7% dan energi metabolisme 3290–3399 kkal/kg ransum (Soeharsono, 2004).

Manajemen Pakan Ayam Pedaging dan Petelur

Program pemberian pakan pada ayam pembibit betina biasanya dilakukan sehari dua kali. Kadar nutrien seperti protein dan asam amino biasanya diturunkan secara bertahap saat ayam mencapai usia dan produksi tertentu. 

Biasanya dilakukan peningkatan persentase kalsium karena terjadi penurunan kalsium pada tulang, serta penurunan penyerapan kalsium pada umur 50 minggu. 

Kondisi cuaca yang panas diperlukan manajemen pakan yang tepat untuk menghindari penurunan produksi. Kondisi tersebut biasanya diatasi dengan meningkatkan kadar vitamin dan mineral premix sebesar 10%, serta peningkatan kadar asam amino dan asam linolenat (Hubbard, 2011).

Pemberian pakan yang hanya menggunakan 1 jenis pakan (ransum tunggal) setelah memasuki fase bertelur akan memudahkan dalam proses manajemen pakan. Kebutuhan asam amino harian akan mengalami penurunan setelah fase starter. 

Asam amino dapat dipenuhi dari kandungan asam amino dalam pakan. Kebutuhan kalsium pada ayam pembibit fase layer akan mengalami peningkatan. Peningkatan kebutuhan kalsium tersebut dapat dipenuhi dari kalsium yang berasal grit. 

Ransum tunggal diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrien ayam pembibit di berbagai tingkat produksi dan musim. Ransum tunggal memiliki memiliki kelengkapan nutrien untuk memenuhi kebutuhan energi dan asam amino yang dibutuhkan (Hubbard, 2011).  

Fase pra layer memerlukan keseragaman pakan yang mengandung protein dan asam amino lebih tinggi untuk mencapai periode dewasa kelamin. Ayam pembibit yang memiliki bobot badan di bawah standar harus memiliki peluang mendapatkan pakan yang lebih baik guna mencapai pertumbuhan kompensasi. 

Pakan pre layer mengandung kalsium yang lebih tinggi untuk mengembagkan dan meningkatkan kualitas cangkang (Cobb, 2008).

Tempat pakan ayam pembibit betina atau female feeder trough menyerupai rel dan terdapat rantai yang berfungsi untuk menjalankan pakan dari dalam bok pakan ke seluruh female feeder trough. Tujuan dari teknik ini adalah agar ayam pembibit betina mendapatkan pakan secara merata. Female feeder trough di pasang di atas slat yang mengelilingi lantai slat. 

Alat tersebut terdiri dari 3 mesin, 3 bok pakan dengan kapasitas 150 kg dan 6 bok pakan dengan kapasitas 50 kg dalam satu kandang (Aviagen, 2013). 
Pemberian pakan pada pemeliharaan pejantan tidak diberikan secara adlibitum melainkan secara terbatas. Manajemen pemberian pakan pada pejantan sangat penting untuk menjaga fertilitas telur tetap tinggi. 

Pemisahan tempat pakan antara jantan dan betina dapat dilakukan dengan memanfaatkan perbedaan ukuran kepala antara pejantan dan betina, sehingga berat badan dan keseragaman setiap jenis kelamin dapat lebih terkontrol. 

Pemisahan tempat pakan mengharuskan pelaksanaan manajemen pakan yang lebih hati-hati dan perlu pengawasan terhadap perilaku makan secara teratur. Pemantauan yang cermat dari berat badan dan perilaku makan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pejantan dan betina menerima cukup pakan untuk mencapai target kenaikan berat badan. 

Peralatan pakan harus diatur dengan benar dan diperhatikan, apabila tidak maka distribusi pakan tidak merata dan menyebabkan penurunan produksi telur dan kesuburan (Aviagen, 2013). 

Kekurangan pakan pada pejantan dapat terjadi selama tahap awal produksi setelah pencampuran pejantan dan betina. Perilaku kawin pada tahap produksi mengakibatkan pergerakan pejantan sangat aktif, namun belum mencapai persyaratan kematangan fisiologis sehingga kebutuhan nutrien sangat tinggi. 

Pejantan akan menjadi kusam dan lesu, menunjukkan penurunan aktivitas dan sangat jarang berkokok apabila kekurangan nutrien. Jengger dan pial menjadi lembek, pejantan akan kehilangan berat badan, kesehatan menurun dan akhirnya terjadi molting apabila kondisi ini terus berlangsung. 

Tindakan yang harus dilakukan dari gejala-gejala tersebut adalah segera mengevaluasi pemberian pakan dan rasio populasi (rasio pejantan 10% dari populasi). Langkah selanjutnya yaitu pemberian pakan ditambah 3-5 g/ekor/hari (Hubbard, 2011).

Ayam jantan yang dibesarkan secara terpisah dengan betina, maka disarankan ketika memindah pejantan ke kandang layer satu minggu sebelum betina. Proses ini membantu pejantan untuk belajar makan dari tempat pakan khusus pejantan (Leeson dan Summers, 2009). 

Menurut Aviagen (2013), ada 3 alat yang biasa digunakan untuk tempat pakan pada ayam pejantan, diantaranya yaitu automatic pan-type feeders, hanging hoppers (tube feeders) dan male feeder. 


Tube feeders dan male feeder, keduanya digantungkan dari atap kandang dan tinggi tempat pakan dapat disesuaikan tinggi pejantan. Proses menggantung male feeder pakan diisi secara manual. Male feeder tidak miring ke satu sisi agar pakan yang diberikan memiliki kualitas yang sama     (Aviagen, 2013).

Tinggi tempat pakan pejantan disesuaikan dengan benar sehingga semua pejantan memiliki akses yang sama untuk makan. Tinggi tempat pakan pejantan yang benar digqantung dengan ketinggian 50-60 cm di atas litter. Pengawasan diperlukan untuk memastikan bahwa tinggi tempat pakan pejantan tetap benar (Aviagen, 2013).

Konsumsi Pakan

Konsumsi pakan dihitung dari jumlah pakan yang diberikan dikurangi dengan pakan yang tersisa. Pakan yang diberikan dikatakan efisien apabila pakan dapat dikonsumsi secara maksimal. 

Efisiensi penggunaan pakan dipengaruhi oleh produksi telur, laju pertumbuhan, penyerapan energi metabolisme pakan, kecukupan zat-zat makanan dalam pakan, temperatur lingkungan dan kesehatan ternak. 

Banyak sedikitnya konsumsi pakan bergantung pada ukuran tubuh ternak, sifat genetis (breed), suhu lingkungan, tingkat produksi, perkandangan, tempat pakan per ekor, keadaan air minum, kualitas dan kuantitas pakan serta penyakit (Suprijatna, 2005).

Cahaya mempunyai peran terhadap konsumsi pakan dan bobot badan. Peranan cahaya juga berkaitan erat dengan produksi dan ukuran telur karena merangsang kerja hormon untuk pertumbuhan dan pemasakan calon telur. Dewasa kelamin pada ternak fase grower juga sangat dipengaruhi oleh cahaya (Johari, 2005).

Semakin tinggi energi pakan maka konsumsi pakan akan menurun. Konsumsi pakan akan mempengaruhi konsumsi protein ternak. Konsumsi protein berdampak pada kenaikan bobot badan ternak. Konsumsi protein merupakan banyaknya protein yang terdapat dalam sejumlah pakan yang dikonsumsi (Utomo et al., 2013).

Sifat khusus unggas adalah mengkonsumsi pakan untuk memperoleh energi sehingga jumlah makanan yang dimakan tiap harinya cenderung berhubungan erat dengan kadar energinya. 

Energi dalam pakan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan kebutuhannya, maka konsumsi pakan akan tinggi sedangkan jika kebutuhan energi melebihi kebutuhan, maka konsumsi pakan akan sedikit. 

Konsumsi pakan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu umur, palatabilitas ransum, energi ransum, tingkat produksi, kuantitas dan kualitas ransum (Wahyu, 2004).

FCR

Konversi pakan adalah perbandingan konsumsi pakan dengan pertambahan berat atau berat telur yang diperoleh. Perbedaan konversi ransum karena adanya perbedaan jumlah konsumsi pakan dan produksi telur. 

Suhu yang kurang nyaman, persediaan pakan atau minum yang terbatas, tatalaksana pemeliharaan, kualitas pakan, kepadatan kandang dan penyakit pada ternak juga dapat mempengaruhi nilai konversi pakan (Novianti et al., 2014).

Pakan yang memiliki kandungan nutrien yang cukup biasanya mempunyai daya cerna yang baik apabila tidak ada faktor pembatas dalam pakan seperti racun, sehingga akan menunjang pertumbuhan ternak. 

Pakan yang mengandung kandungan protein yang rendah menyebabkan nilai kecernaan protein yang rendah pula. Pakan yang telah melalui proses fermentasi akan lebih meningkatkan nutrien dari bahan dasar (Mahfudz et al., 2004).

Kualitas pakan semakin baik, semakin kecil pula nilai konversi pakannya. Kualitas pakan semakin buruk, sebaliknya nilai konversi pakan semakin tinggi. Baik tidaknya kualitas pakan, ditentukan oleh keseimbangan nutrien dalam pakan yang diperlukan oleh ternak (Sagala, 2009).

Ternak mengkonsumsi pakan untuk kebutuhan pokok dan untuk bereproduksi pada saat sudah memasuki fase produksi. Konversi pakan akan meningkat saat ternak mempersiapkan organ reproduksinya untuk menghasilkan telur. 

Tingkat konversi pakan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti mutu pakan, tata cara pemberian pakan dan kesehatan ternak yang berkaitan dengan tingkat konsumsi. Suhu yang tinggi sehingga terjadi stres pada ternak menyebabkan nilai konversi pakan tinggi. 

Stres yang berkelanjutan maka pertambahan bobot badan akan terganggu sehingga pada akhirnya pakan yang dikonsumsi tidak dimetabolis dengan baik. Terganggunya metabolisme dalam tubuh puyuh akan menjadikan penggunaan pakan tidak efisien. 
Baca juga: Cara Beternak Ayam Broiler Dengan Efisien
Hal tersebut yang menyebabkan konversi pakan erat hubungannya dengan pertambahan bobot badan puyuh (Utomo et al., 2013).



Share on Google Plus

About Tris

Seorang Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis.

25 komentar:

  1. PROMO MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan bandar master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di DewaZeus.

    Sebagai Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man guna beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.pw/tag/ayam-pilipin/
    https://dewazeus.pw/deposit-via-pulsa/

    Ayo main sekarang di dewazeus.pw

    ReplyDelete
  2. BONUS FREECHIP!

    CemePoker merupakan cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan beragam tidak sedikit game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai duta judi poker dgn rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan semua membernya serta pemain Poker awak dijamin 100% Player VS Player.
    jangan sampai sembrono nantikan sawab merenggut tiap-tiap bulannya dan ganjaran referal seusia hidup

    Baca juga :
    artikel poker

    Ayo main sekarang di www.cemesamgong.com

    ReplyDelete
  3. Ingin bermain Judi Online, Namun saldo ATM Kosong?
    Tenang di ZEUSBOLA Anda bisa melakukan Deposit dengan PULSA dan GOPAY
    Bukan hanya dengan PULSA dan GOPAY saja, Anda juga dapat deposit menggunakan OVO
    Jadi semua tersedia di ZEUSBOLA, Sangat membantu Anda bukan?
    Jadi apa lagi yang ditunggu? Segera Daftarkan diri Anda dan jangan lupa ajak teman Anda !!
    Kami tunggu kedatangannya yaaa
    Tidak perlu khawaitr.. kapan jam Anda datang ZEUSBOLA siap melayani Anda 24 jam NONSTOP!!

    Untuk info lebih lanjut tentang ZEUSBOLA atau tenang bonus-bonus menarik dan info terupdate kami bisa hubungi kami melalui :
    - Whatsapp : 081333555996
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif :
    http://www.bolazeus.com

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    ReplyDelete
  4. Ingin bermain Judi Online namun saldo ATM kosong?
    Tidak perlu khawatir, S128Cash menyediakan deposit via PULSA, OVO dan GOPAY. Dengan hanya Rp. 25.000,- Anda sudah bisa bermain.
    Disini juga menyediakan semua bank lokal Indonesia.
    Pelayanannya 24 jam NONSTOP !! Jadi kapan pun Anda ingin Deposit atau Withdraw maupun di bantu hal lainnya, S128Cash tidak memliki alasan untuk tidak melayani Anda.
    Dan yang perlu Anda tahu, S128Cash adalah salah satu situs yang sudah mendapatkan SERTIFIKAT RESMI sebagai salah satu Situs Sabung Ayam Online Terbaik sepanjang tahun 2018.
    Jadi, apa lagi yang Anda Tunggu? Segera Daftar S128 Anda bersama kami, di tunggu kedatangan Anda ya guyss !!
    Hubungi kami :
    - Livechat : S1288Poker
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    ReplyDelete
  5. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay dan PULSA untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  6. PROMO TIAP HARI BOS

    Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, peran perwakilan Poker Online mengawamkan pulsa merupakan sewujud otak judi yang menelantarkan pertunjukan poker online pada masa ini sudah banget enteng degnan datangnya permainan ini poker online deposit via pulsa akomodasi dalam berkelakuan disebuah atraksi judi online yang kuasa kita jumpai waktu ini emang buah terbit kian bertumbuhnya zaman dan teknologi waktu ini didalam pertunjukan jaminan online. Karena hanya menyiapkan pulsa bagai dana sedimen pergelaran di poker pulsa online, anggota sudah merengkuh putaran yang lawas beraksi dan memenangkan permainan.

    Berpura-Pura menyisakan pulsa didalam pertunjukan poker online mestinya memang hendak kian mempermudah petugas saat kamu melakukan pertunjukan agunan online. Atas hadirnya endapan dengan pulsa maka pegawai tentu pandai karena sepele bernilai beraga lalu bekerja jagoan didalam sebangun atraksi poker. Tontonan judi online sedimen melalui pulsa mestinya akan menyentuh sebagian manfaat bergaya yang mahir berupa pulsa hanya atau berwujud uang berlaku didalam sebuah tontonan poker online.

    BACA JUGA:

    poker deposit pulsa
    judi poker pulsa
    judi online deposit pulsa


    Daftar sekarang hanya di ZeusBola

    ReplyDelete
  7. Situs BandarQ Online menjadi tempat bertaruhnya para penjudi online yang gemar memainkan permainan kartu domino99. Permainan bandarq sangat populer di Indonesia, apalagi tersedia di Pokervita selaku partner resmi PKV Games sebagai server penyedia permainan ini.

    Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Situs BandarQ Online Terpercaya dan Terbaik 2020
    Situs Bandar Sakong Online Uang Asli Terpercaya 2020


    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  8. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!
    Dapatkan Info Bonus Terbaru Dari Donaco Poker..

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  9. ==Winnig303== Permainan Betting Game Online Yang Sedang Populer Saat ini...

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 6 Jenis Games Sekaligus :
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery
    5. Poker Online
    6. Sabung Ayam

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  10. ARMANI POKER

    PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANIPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    ReplyDelete
  11. BONUS 10% EVERY DAY

    Perwakilan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang menyediakan jasa layanan untuk pembukaan akun permainan judi atau taruhan online pada anda di perwakilan judi online yang berkedudukan International, jadi dan terpercaya hanya di poker pulsa.

    Sebagai Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man pada beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.


    https://bolazeus.pw/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.pw/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

    promo adu ayam s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    livechat zeusbola
    link zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    ReplyDelete
  12. Banyak promo menarik disini bos.. segera daftar sekarang agar tidak ketinggalan promonya.
    Selain promo New member masih banyak lagi promo permainan lainnya...

    Jangan Ragu dalam Bermain di MUSEUMTOTO Bosku . !!!

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 1000.

    Agen Togel Online
    Agen Togel
    Situs Togel Online
    Bandar Togel Online
    Daftar Togel Online
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    Museumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 1000

    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : 30.000
    • 2D : 5.000

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 3 ( KLIK DISINI )

    ReplyDelete
  13. AGENT TOGEL ONLINE TERPERCAYA

    daftar nomor togel

    Bandar togel pulsa

    Slot Pulsa Tanpa Potongan

    Dapatkan Promo-promo Spesial Setiap Bulannya di Museum Toto
    Nikmati Kemudahan Deposit Museum Toto dengan PULSA dan OVOpay yang kami sediakan..
    Nikmati juga banyak Bonus Lainnya Yang Kami Sediakan..

    Dapatkan Deposit dengan rate potongan terendah untuk Telkomsel, AXIS dan XL..

    DEPOSIT VIA TELKOMSEL
    DEPOSIT VIA XL
    DEPOSIT VIA AXIS

    Dapatkan
    - Bonus Deposit 20% New Member
    - Bonus Deposit 5% Setiap Hari
    - Bonus Cashback 5% - 10%

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : 083157394921

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
    LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
    LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
    CLUB388
    SV388

    ReplyDelete
  14. Perjudian sabung ayam kini dapat dengan mudah dinikmati oleh berbagai kalangan. Tidak perlu pusing Museumayam hadir dengan menyediakan layanan deposit via pulsa tanpa potongan untuk game sabung ayam online. Tunggu apa lagi mari gabung dan nikmati taruhan sabung ayam via pulsa tanpa potongan.

    Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Togel
    Museumbola Slot IDN
    Sabung Ayam Online
    cara daftar togel singapore
    Museum Bola
    Poker Online Pulsa
    agen togel pulsa
    Bandar togel pulsa
    togel online pulsa

    ReplyDelete
  15. link slot deposit pulsa 5000 tanpa potongan ZEUSBOLA Agen Judi Online Deposit Pulsa 10rb Tanpa Potongan

    Situs Bandar Judi Online Terlengkap, Teraman & Terpercaya 2020
    Menerima Deposit Pulsa Tanpa Potongan, Ovo, Gopay, Dana, Linkaja, Jenius & All Bank Indonesia
    Nikmati Seluruh Kemudahan Bertransaksi Bersama Zeusbola

    == JUDI ONLINE DEPOSIT VIA PULSA TANPA POTONGAN DI ZEUSBOLA ==

    Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000,-
    Minimal Deposit Bank & E-Money : Rp.25.000,-

    Zeusbola Menyediakan 1 Akun Untuk Seluruh Taruhan Yang Tersedia Seperti : TARUHAN BOLA SBOBET UBOBET CMD | LIVE CASINO | SLOT PULSA | IDNPOKER | IDNLIVE

    Ketahui Cara Mudah Menang Slot Pulsa Online Disini.

    == DAFTAR DISINI ==

    Hubungi Kami Melalui :

    CS Whatsapp I : (+62) 822 7710 4607
    CS Whatsapp II: (+62) 831 7602 1706
    Telegram : (+62) 813 3355 5996 ( @zeusbola )
    Line : zeusbola
    Link Alternatif : https://zeus303.com/

    http://134.209.98.69/judi-slot-cq9-pulsa-10rb-tanpa-potongan/

    ReplyDelete
  16. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
    Menghadirkan IG poker & IDN poker ....

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303
    Dapatkan juga berbagai macam Bonus menarik dalam bermain Poker bersama kami.

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :
    - WA : +6287785425244

    ReplyDelete
  17. Mainkan poker online uang asli kini tidak perlu ribet, cukup menggunakan ponsel kesayangan anda dapat memulai bermain. Jangan khawatir pendaftaran mudah, cepat dan tidak ribet. CS ramah dan siap membantu 24 jam.

    Berbagai bonus menarik menanti anda dengan minimal deposit termurah hanya IDR 10.000
    Menyediakan layanan deposit Bank Lokal, OVO, DANA, Linkaja, Gopay, dan Pulsa Telkomsel, XL dan Axis.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis Tanpa Potongan
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Daftar Poker Online Uang Asli

    ReplyDelete
  18. SITUS SLOT & SABUNG AYAM ONLINE 2021 PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Bingung memilih agen online terpercaya??
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  19. BANDAR SLOT & SABUNG AYAM ONLINE 2021 TERPERCAYA PROMO BONUS NEW MEMBER 15% !!!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  20. Ingin bermain Slot secara gratis dan mendapatkan Review seputar Slot Game setiap harinya ?

    Yuk , bisa coba kunjungi Link kami dibawah ini

    Slot Great Reef Slot Games Gacor !!

    Nikmati permainan menarik lainnya secara GRATISS.

    ReplyDelete
  21. Dapatkan bonus 50% dengan menjadi member winning303, ayo segera daftar
    whatsapp : 087785425244
    online 24 jam boss

    ReplyDelete
  22. INGIN MAIN SITUS JUDI TERPECAYA?
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !!
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Cashback Mingguan
    *Bonus referral ZeusBola
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete
  23. Lagi bokek tapi mau bermain slot?
    Klik ====>Demo Buffalo King Megaways

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar slot

    Dengan minimal Depo hanya 25 ribu dan minimal Withdraw 50 ribu
    Anda bisa bermain Slot. Menang berapapun kami bayar Bosku ^^

    PENAWARAN PROMOSI:
    • Bonus Deposit 20% New Member
    • Bonus Deposit 5% Setiap Hari
    • Bonus Cashback 5% - 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    Semua Bank Lokal
    OVO
    Gopay
    Dana
    Pulsa (Minimal Deposit 10rb Rate Terbaik)

    Untuk Togel Kami Menyediakan 7 Pasaran

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6287777007391

    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
    ===> CLUB388
    ===> SV388

    ReplyDelete
  24. Untuk yg suka bermain sabung ayam dsni tempat ny
    new member 10% lansung di berikan tanpa syarat dan ribet

    proses depo wd secepat kilat ^^

    tunggu apa lagi silahkn registrasi dan bukti kan sendiri
    New member 10%
    Silahkan hub : WA : 0812-1495-2061

    ReplyDelete