Cara Mengetahui Lokasi Teman Facebook

Dengan berkembangnya Facebook menjadi salah satu media sosial yang paling banyak memiliki pengguna, fungsi FB pun tidak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi saja, namun juga dapat mengetahui lokasi. Sebagian besar pengguna pasti belum tahu cara mengetahui lokasi teman Facebook.

Padahal dengan mengetahui fitur ini, Anda dapat mengetahui keberadaan lokasi teman Facebook untuk melihat aktivitas yang dilakukannya, mulai dari sedang bekerja, travelling, atau hanya di rumah saja. Berikut ini adalah cara mengetahui lokasi teman Facebook dengan mudah:


Cara Mengetahui Lokasi Teman Facebook dengan Mudah

Cara mengetahui lokasi teman Facebook yang pertama yaitu dengan menggunakan fitur Nearby Friends yang terdapat di Facebook. Fitur ini akan membantu Anda untuk mencari teman Facebook yang berada di lokasi terdekat Anda atau yang berada di daerah lain.

Kamu bisa mengunjungi https://linktr.ee/kangsandi untuk lebih jelasnya.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengaktfikan fitur Nearby Friends pada Facebook:

Pengguna Android

Sebelumnya, pastikan fitur lokasi dan koneksi internet pada Android sudah diaktifkan. Untuk mengaktifkannya sebenarnya mudah, Anda bisa masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Facebook > Tap Aktifkan Lokasi. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah:

1.     Membuka Menu Settings

Langkah pertama untuk mengetahui lokasi teman di Facebook yaitu masuk ke akun Facebook Anda. Setelah itu, masuk ke menu Settings atau ikon tiga garis horizontal yang terdapat di pojok kanan atas layar.

 

2.     Memilih Opsi Nearby Friends

Jika sudah masuk ke halaman menu Settings, Anda dapat menggulirkan layar ke bawah hingga menemukan opsi Nearby Friends. Tap opsi tersebut.

 

3.     Izinkan Akses Lokasi

Setelah itu, akan muncul permintaan izin untuk dapat memberikan akses lokasi Anda saat ini. Tekan tombol “Turn On Location Services” lalu pilih opsi Allow pada jendela pop up.

 

Pengguna iOS

Sama seperti pengguna Android, Anda juga harus mengaktifkan fitur lokasi dan koneksi internet menjadi ‘Always Allow’. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa masuk ke Pengaturan > Privasi > Tap Layanan Lokasi menjadi aktif. Jika sudah, Anda bisa ikuti langkah di bawah:

1.     Buka Menu Settings di Facebook

Untuk mengetahui lokasi teman di Facebook, pertama Anda harus login ke akun Facebook.  Kemudian masuk ke ikon tiga garis horizontal atau menu Settings yang terdapat di pojok kanan atas layar.

 

2.     Pilih Opsi Nearby Friends

Jika sudah masuk ke halaman menu Settings, Anda dapat menggulirkan layar ke bawah hingga menemukan opsi Nearby Friends. Tap pada bagian‘See More’. Kemudian tap tulisan ‘…’ di sebelah kanan nama Anda.

 

3.     Izinkan Akses Lokasi

Setelah itu, akan muncul menu Settings lagi, tap pada menu tersebut. Selanjutnya akan muncul permintaan izin untuk dapat memberikan akses lokasi Anda saat ini. Tekan tombol geser tombol Nearby Friends menjadi aktif.

Setelah melakukan cara-cara di atas, secara otomatis Anda akan diberikan informasi lokasi daftar teman Facebook yang sedang berada dekat dengan Anda, sedang dalam perjalan, atau di daerah tertentu. Anda pun dapat menyapa teman Anda tersebut dengan menggunakan Facebook Messenger.

Cara Mengetahui Lokasi Teman Facebook Menggunakan Facebook Messenger

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui lokasi teman Facebook yaitu menggunakan fitur berbagi lokasi di Facebook Messenger. Pastikan jika teman Anda menggunakan fitur ini jika Anda ingin mengetahui lokasi keberadaanya saat itu.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1.     Menekan Ikon Location

Langkah pertama yaitu membuka Facebook Messenger lalu menekan ikon “Location” atau “More”.

 

2.     Memilih Lokasi di Peta

Setelah itu akan muncul peta, di sini Anda dapat pilih tombol “Share Live Location” untuk membagikan posisi saat itu. Nantinya pergerakan dari perangkat ini dapat dipantau selama 60 menit kedepan.

 

3.     Jika Ingin Berhenti, Pilih Opsi Stop Sharing

Jika Anda ingin berhenti membagikan lokasi saat ini, pilih tombol “Stop Sharing”. Dengan begini, Lokasi Anda tidak diketahui oleh teman.

 

Apakah Facebook Tetap Bisa Melacak Pengguna Meskipun Tidak Ada Izin?

Sebenarnya Facebook masih bisa melacak pengguna meskipun ia telah menonaktifkan fitur lokasi. Hal ini biasanya dilakukan oleh Facebook untuk kebutuhan iklan. Mungkin Anda berpikir bahwa FB melacak penggunanya melalui GPS saja, tapi ternyata tidak, lho.

https://id-id.facebook.com/help/275925085769221

Facebok juga melacak para pengguna menggunakan IP (Internet Protocol). IP ini merupakan nomor identitas ‘unik’ berupa ‘alamat’ sebuah perangkat yang terhubung pada koneksi internet (contohnya adalah smartphone Anda).

Tidak hanya itu saja, FB juga dapat mengetahui lokasi Anda melalui tagging status teman Anda. Misalnya seorang teman mengupdate status sedang berada pada event tertentu dan kemudian ia melakukan tagging pada akun Anda.

Dengan menerapkan cara mengetahui lokasi teman facebook di atas, tentunya akan memudahkan Anda untuk mengetahui lokasi mereka. Anda tidak perlu menanyakan secara langsung, karena sudah dapat terpantau melalui fitur Nearby Location atau fitur share live location Facebook Messenger.

 

Share on Google Plus

About Tris

Seorang Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis.

0 komentar:

Post a Comment