Kandang Bebek Petelur Terbaik agar Produksi Stabil Tanpa Air





tipe kandang bebek petelur tanpa air~ carabudidayaada.blogspot.co.id




2 Tipe Kandang Bebek Petelur Tanpa Air Agar Produksi Stabil~Kandang bebek petelur terdiri dari berbagai macam tipe. Diantaranya adalah kandang bebek petelur tipe Baterai, Panggung, Ranch, Postal dan Kombinasi. 





Baca juga: Panduan cara beternak bebek hibrida
Pada umumnya kandang bebek petelur dilengkapi dengan kolam air karena bebek petelur suka berenang. Namun sayangnya kandang bebek petelur yang dilengkapi kolam air sudah tidak lagi relevan apabila digunakan di lahan yang sempit.

Bebek petelur adalah ternak yang sangat sensitif terhadap stress. Bebek akan sering mogok bertelur hanya karena mendapat perlakuan yang berbeda dari biasanya. Termasuk pada perlakuan di kandang. 


Apabila ternak biasanya diumbar di kolam untuk bermain main, maka suatu saat jika tidak memungkinkan ternak dilepas ke kolam maka bisa berhenti bertelur.

Berdasarkan hal tersebut maka perlu dipertimbangkan pembuatan kandang sebelum bebek petelur muda dimasukkan ke kandang. Beberapa literatur menyatakan bahwa itik petelur tidak harus bermain di kolam, tetapi harus ada air yang cukup untuk minum dan mencuci muka. 

Hal ini karena unggas yang sedang bertelur membutuhkan banyak air dan bebek harus mencuci muka agar tidak terjadi lengket mata.

Tipe Kandang Bebek Petelur tanpa Air





Setelah saya baca baca ternyata ada dua tipe kandang bebek petelur yang bisa tanpa kolam air tetapi produksi tetap stabil. Kandang Postal dan kandang Ranch adalah dua pilihan terbaik untuk bebek petelur.

1.  Kandang Postal

Kandang postal adalah kandang beralas tanah (litter) yang hanya terdiri dari sekat sekat dengan tinggi tidak lebih dari satu meter dan setiap sekat bisa diisi 20-25 ekor bebek dewasa. Sehingga satu bangunan kandang besar, bisa diisi puluhan sekat. 
pict by bebeklampung.blogspot.com

Jumlah itik yang ada dalam satu sekat tidak perlu terlalu banyak agar memudahkan dalam pengawasan dan mengurangi persaingan.

Bebek petelur akan bertelur pada pagi dini hari di pojokan pojokan sekat, sehingga dipojokan ini perlu diberi alas agar telur tidak mudah pecah. Alas digunakan bahan yang murah, tidak mudah basah dan mudah ditemukan, misalnya jerami padi, sekam padi, sisa gergajian kayu dan lain sebagainya.

Tempat pakan bebek petelur bisa diletakkan di dalam sekat. Tempat pakan bebek yang paling umum adalah dengan menggunakan ember yang lebar dan tidak terlalu tinggi atau menggunakan kotak buatan. Pakan bebek sebaiknya dibuat agak basah agar tidak debu tidak mengganggu mata bebek petelur.



Tempat minum bisa diletakkan didalam atau diluar kandang bebek petelur. Apabila diletakkan di dalam kandang, yang baik digunakan adalah tempat minum galon otomatis seperti pada ayam broiler/ayam potong. Namun tempat minum galon otomatis relatif mahal. Maka alternatif lainnya adalah tempat minum di luar kandang.

Tempat minum diluar kandang bisa berupa palung air (talang) memanjang diluar bangunan kandang. Selain itu bisa juga berupa ember atau bak yang diletakkan diatas panggung bambu, agar air yang tumpah langsung terbuang. Kandang postal yang terlalu lembab sangat tidak baik untuk kesehatan bebek petelur.

2.  Kandang Bebek Petelur tipe Ranch


Kandang Ranch adalah kandang bebek petelur yang dilengkapi dengan umbaran. Kandang utama dapat berupa kandang postal atau kandang panggung yang hanya digunakan ketika bebek akan beristirahat baik siang atau malam hari. 
pict by bebeklampung.blogspot.com

Selain itu kandang utama juga digunakan sebagai tempat untuk bertelur. Dengan adanya kandang umbaran, maka bebek akan lebih banyak terkena sinar matahari yang baik untuk kesehatan ternak.

Kandang utama bisa berukuran sedikit lebih kecil dibandingkan kandang umbaran. Kandang umbaran digunakan pada saat aktivitas siang hari untuk makan dan minum. Kegiatan makan dan minum yang ada diluar kandang utama, maka akan mencegah banyak pakan tercecer di dalam kandang.
Tempat pakan pada kandang ranch diletakkan di kandang umbaran. Bentuk tempat pakan bisa disamakan dengan tempat pakan pada kandang postal.
Tempat minum pada kandang ranch bisa diletakkan didalam ataupun diluar kandang bebek petelur. Namun yang perlu diperhatikan adalah tempat minum didesain sedemikian rupa agar air tidak terlalu membasahi kandang umbaran.
Sekian tadi dua tipe kandang bebek petelur yang dapat didesain tanpa perlu dilengkapi dengan kolam air. Kandang terbaik adalah kandang yang dibuat dengan bahan murah dan mudah ditemukan tetapi tetap membuat ternak nyaman untuk tinggal.
Sekian semoga bermanfaat




Share on Google Plus

About Tris

Seorang Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis.

4 komentar:

  1. Sangat bermanfaat agar menyerapdan menguasai ilmunya

    ReplyDelete
  2. Apakah air pam baik untuk minum bebek petelur?

    ReplyDelete
  3. ARMANI POKER

    PROMO BARU DI ARMANI POKER

    BISA DEPOSIT VIA PULSA
    BANYAK BONUSNYA

    Yuk join sekarang juga , Poker online Terpercaya hanya di ARMANIPOKER , berlabel IDN POKER , di jamin 100% anti bot Player Vs Player.

    ditunggu kehadiran di ARMANIPOKER ya !
    Minimal depo 10k
    Minimal wd 50k
    Whatapps : +6287830298557
    Link Alternatif : Adujotos.site | armanipokers.info

    ReplyDelete