Panduan Cara Beternak Bebek Hibrida yang Berbeda dengan Itik Lokal





cara beternak bebek hibrida ~ carabudidayaada.blogspot.co.id




Panduan Cara Beternak Bebek Hibrida yang Berbeda dengan Itik Lokal~Bebek Hibrida adalah bebek pedaging hasil persilangan antara bebek peking dan bebek lokal. Pengertian itulah yang paling banyak beredar di masyarakat. 

Dari namanya, Bebek hibrida adalah bebek yang memanfaatkan kelebihan dari masing masing tetuanya. Bebek lokal memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi sedangkan bebek peking memiliki postur tubuh yang baik dan pertumbuhan tinggi.



Karena bebek ini merupakan hasil persilangan, sehingga cara beternak bebek hibrida tidak bisa disamakan dengan cara beternak bebek peking dan cara beternak bebek lokal. Mulai dari pemilihan bibit ternak bebek hibrida, pemberian pakan hingga manajemen pemeliharaan itik secara utuh harus dimodifikasi.

Cara beternak bebek hibrida.






1. Pemilihan bibit ternak bebek hibrida


pict by jituu.com

Bibit ternak bebek di daerah saya di Surakarta tidak dipisahkan antara yang jantan dan betina. Hal ini karena memang jantan dan betina diperuntukkan sebagi bebek pedaging, tidak untuk bebek petelur.

Untuk memilih bebek hibrida secara umum adalah dilihat dari kenampakannya saja. Mata cerah, bulu mengkilap, dubur bersih, dan gerakan lincah adalah ciri ciri bibit ternak yang sehat.

Pemilihan bibit yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya sebelum dimasukkan ke dalam kandang perlu diseleksi jantan dan betina. Hal ini untuk menhindari persaingan tidak sehat di dalam kandang. Bebek betina akan lebih banyak yang kalah dari pejantan.

2. Pemberian pakan ternak bebek hibrida


Bebek hibrida diperuntukkan sebagai bebek pedaging, sehingga pakan bebek hibrida harus disesuaikan untuk bebek pedaging. Bebek pedaging membutuhkan protein dan energi tinggi pada saat awal pertumbuhannya.

Pada saat sudah mulai beranjak dewasa, protein mulai dikurangi dan energi ditambah. Namun kandungan protein yang dibutuhkan tetap sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan bebek petelur.

Pakan bebek hibrida harus dicari bahan yang murah tetapi memiliki kandungan nutrien yang baik. Hal ini karena bebek pedaging membutuhkan pakan yang sangat banyak selama hidupnya. Pakan yang terlalu mahal jsutru akan membuat kerugian selama pemeliharaan bebek pedaging.

3. Manajemen pemeliharaan secara umum


Pemeliharaan cara beternak bebek hibrida pedaging perlu diperhatikan sejak awal. Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan adalah seleksi bebek hibrida pada awal pemeliharaan. 

Akhir minggu pertama pemeliharaan harus diseleksi ternak yang tumbuh cepat dan lambat. Bebek hibrida yang besar dan kecil harus dipisahkan agar yang kecil tetap bisa tumbuh dengan baik dan tidak dikalahkan oleh yang tumbuh cepat.

Bebek hasil persilangan membawa sifat genetik yang homozigot dan heterozigot, sehingga beberapa anakan mengikuti kecepatan pertumbuhan tetua jantan, beberapa mengikuti pertumbuhan tetua betina dan sisanya membawa sifat pertumbuhan gabungan dari kedua tetua.

Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah pembuatan kandang. Bebek hibrida tidak perlu dikandangkan dalam kandang yang terdapat kolam air. Sebaiknya bebek hibrida dikandangkan secara intensif agar pakan yang dikonsumsi tidak terlalu banyak terbuang untuk bermain.

Sekian tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan pada cara beternak bebek hibrida yang tentu saja berbeda dengan cara ternak bebek lokal dan cara ternak bebek peking. 


Share on Google Plus

About Tris

Seorang Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis.

0 komentar:

Post a Comment